Masa kanak-kanak merupakan salah satu masa terpenting dalam kehidupan manusia. Janganlah membiarkan kondisinya mengkhawatirkan. Karena masa ini berbeda dari masa yang lain dalam sifat, keistimewaan dan permulaan yang khas. Keberadaannya adalah tumpuan bagi masa selanjutnya. Pada masa ini terletak pokok pertumbuhan kepintaran anak, bertunasnya pembawaan-pembawaan anak, kecenderungan minat bakatnya, perkembangan pengetahuannya, penampakan perasaannya, penampilan aktivitas inderawinya, penampilan maupun kepeduliannya, pemilahan kecenderungannya yang baik maupun yang buruk. Sejak kecil anak harus di biasakan untuk mempelajari nilai-nilai moral. Pendidikan sejak dini akan memberikan tanaman yang akarnya dalam sanubari. Jangan memberikan pendidikan moral yang bersifat superfisial sekunder, seakan pendidikan moral di nomor duakan. Pendidikan umum di nomor satu, karena pendidikan umumlah yang akan digunakan hidup kelak. Hidup di dunia agar menjadi orang berharta, terpandang menjadi pejabat dan lain-lain itu adalah salah besar. Bila ingin mengejar pendidikan umum, seperti menjadi dokter, ahli ekonomi, ahli petani, ahli obat-obatan dan lain-lainya, tidaklah salah, tatapi semua ilmu itu harus dalam bungkus moral dan didasari ilmu agama. Bila dasar ilmu moral telah diberikan sejak kecil, di kala besarnya sambil ia mengikuti pendidikan formal yang umumnya itu maka, pendidikan moral dapat 2 dipelajari sendiri, sehingga pendidikan moral itu dapat diterapkan berdasarkan baik dan buruk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar